Jumat, 04 November 2016

FLOWCHART

1. Algoritma Pengambilan Keputusan
       Dalam simbol pengambilan keputusan hanya memiliki satu buah input dan dua buah output yaitu "Ya" atau "Tidak", "True" or "False".
Example :
 Seorang pedagang bunga mawar akan mendapatkan untung per hari sebesar Rp 100.000; jika menjual lebih dari 10 tangkai bunga mawar. Kemudian jika hanya menjual 10 tangkai bunga mawar maka akan mendapat untung Rp 50.000; namun jika menjual kurang dari 10 tangkai maka penjual tersebut akan rugi.
Jika persoalan tersebut di gambarkan dengan menggunakan flowchart maka hasilnya seperti berikut














2. Algoritma Pengulangan Proses
        Dalam beberapa kasus, seringkali ditemukan suatu proses yang dilakukan secara berulang-ulang. Pada kasus yang berhubungan dengan pengolahan informasi menggunakan komputer, terdapat proses-proses yang harus dilakukan secara berulang, mulai dari input data, proses dan output. Beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam proses pengulangan yaitu inisialisasi ( penentuan kondisi/nilai awal ), proses, dan kondisi berhenti. Berikut adalah contohnya :
Seorang dosen meminta mahasiswanya untuk menampilkan tugas dimana didalamnya terdapat data sebanyak 90 halaman. Mahasiswa tersebut harus menampilkan satu per satu. Tentu akan membutuhkan banyak kode  program dan menjadi tidak efektif. Bagaimana cara mahasiswa menyelesaikan persoalan tersebut?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar