Sabtu, 12 November 2016

TIPE DATA DASAR



Tipe data adalah himpunan nilai yang dapat dimiliki oleh sebuah data. Contoh tipe dta dalam dunia nyata adalah bilangan bulat. Contoh bilangan bulat ini dapat ditemukan pada kasus sehari-hari khususnya dalam hal pencacahan. Selain itu misalnya data nama seseorang yaitu ‘Bambang Pamungkas’ yang merupakan sebuah deret huruf. Dalam sebuah program, setiap variable dan konstanta memiliki tipe data yang harus di deklarasikan diawal program.
Secara umum terdapat 2 tipe daa dasar, yaitu numeric dan kategorik. Tipe data numeric terdiri atas angka, sedangkan tipe data kategorik berupa ngka atau huruf yang tidak dapat mengalami operasi hitung. Berikut contoh beberapa tipe data dasar :
1.      Integer (bilangan bulat) adalah tipe data dasar yang tidak mengandung pecahan decimal. Ex : 2 , 5, 189, -10, 2009
Table Tipe Data Integer
Tipe
Ukuran
Nilai
Short
8 bit – 128………..
127
Int
16 bit – 32768…………
32767
Long
32 bit – 2147483648……….
21474783647

2.      Real (bilangan riil) adalah tipe data dasar berupa bilangan yang memiliki pecahan decimal. Tipe data ini digunakan untuk perhitungan kosinus, akar persamaan dsb. Ex : 0.5 , 0.19 , -3.47 , 92.0 . Secara teoritis tipe data real juga tuidak memiliki batasan, dari minus tak hingga sampai plus tak hingga.
Tabel Tipe Data Real
Tipe
Ukuran
Nilai
Float
32 bit
2.9 x ….. 1.7 x
Double
48 bit
5.0 x ….. 1.7 x

3.      Char (karakter) adalah tipe data dasar yang terdiri atas satu buah angka, huruf, tanda baca atau karakter khusus. Untuk menyimpan sebuah karakter diperlukan 1 byte atau 8 bit tempat di dalam memori. Penulisan tipe data char diawalai dan diakhiri dengan tanda kutip ganda. Ex : “5”, “A”, “?”, “+”
Perhatikan bahwa 5 adalah integer, sedangkan “5” adalah char

4.      String adalah tipe data dasar berupa kumpulan karakter deengan panjang tertentu. Tipe data string sering digunakan dalam pemrograman. Untuk penyimpanan string di dalam memori dibutuhkan 1 byte untuk tiap data karakternya. Penulisan srting juga harus diawali dan diakhiri dengan tanda petik ganda. Ex : - “BANDUNG”, -“Politeknik Telkom Bandung”, - “Lucu”, - “z”.

5.      Boolean (bilangan logika) adalah sebuah data yang mempunya 2 buah kemungkinan nilai sebagai ‘Benar’ dan ‘Salah’. Tipe data ini paling sering digunakan untuk range yang meminta 2 buah nilai. Ex : lulus-tidak lulus, member-bukan member.


    MANAJEMEN INFORMATIKA '16' POLITEKNIK NEGERI LAMPUNG
    MATA KULIAH : ALGORITMA & PEMROGRAMAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar