Minggu, 18 Desember 2016

IMPLIKASI & APLIKASI LOGIKA INFORMATIKA



1.      Sifat Operator Logika Implikasi
a)      Misal p : Saya haus
b)                 q : Saya lapar
c)      Secara aturan disjungsi bisa dikatakan :
Ø  p v q : Saya lapar atau haus
Ø  q v p : Saya haus atau lapar
d)     Kedua kalimat memiliki makna yang sama, tetapi hal tersebut tidak berlaku pada operator logika implikasi

2.      Sifat Operator Logika Implikasi (Lanjutan 2)
a)  Misal p : Anda memiliki password yang benar
b)             q : Anda bisa log in ke akun gmail
c)  Kita dapat membentuk 4 macam implikasi, yaitu :
                                                       i.            p=>q : Jika anda memiliki password yang benar maka anda bisa log in ke akun gmail
                                                     ii.            q=>p : Jika anda bisa log in ke akun gmail maka anda memiliki password yang benar
                                                   iii.            ~p=>~q : Jika anda tidak memiliki password yang benar maka anda tidak bisa log in ke akun gmail
                                                   iv.            ~q=>~p : Jika anda tidak bisa log in ke akun gmail maka anda tidak memiliki password yang benar

3.      Konvers
a.       Jika bentuk pàq diketahui, maka bentuk qàp disebut konvers
b.      Contoh :
Jika saya mempunyai mobil maka saya orang kaya
c.       Konvers :
Jika saya orang kaya maka saya mempunyai mobil

4.      Invers
a.       Jika bentuk pàq diketahui, maka bentuk ~p=>~q disebut invers
b.      Contoh :
Jika saya mempunyai mobil maka saya orang kaya
c.       Invers :
Jika saya tidak mempunyai mobil maka saya bukan orang kaya

5.      Kontraposisi
a)      Jika bentuk pàq diketahui, maka bentuk ~q=>~p disebut kontraposisi
b)      Contoh :
 Jika saya mempunyai mobil maka saya orang kaya
c)      Kontraposisi :
            Jika saya bukan orang kaya maka saya tidak mempunyai mobil

6.      Bentuk Umum
a)      Implikasi = p=>q
b)      Konvers = q=>p
c)       Invers = ~p=>~q
d)      Kontraposisi = ~q=>~p




POLITEKNIK NEGERI LAMPUNG
MANAJEMEN INFORMATIKA '16'

Tidak ada komentar:

Posting Komentar